Oktober 5, 2022

Gubernur WH Kunjungi 12 Hektar Perkebunan Pisang Ambon Putih (Cavendish) Di Cileles Lebak

2 min read

Lebak—Pisang Cavendish atau dikenal di Indonesia Pisang Ambon Putih memiliki daya pikat potensi tersendiri bagi para petani untuk menanamnya, selain cita rasanya enak harga jualnya bagus (harga di online shop mencapai 26.000/sisir) juga waktu panennya cukup singkat cuma 10 bulan saja.

Ketertarikan Gubernur Banten H. Wahidin Halim terhadap komoditas pisang itu ditunjukan dengan meninjau kebun pisang cavendish milik masyarakat dan kelompok tani di Kampung Cisalak, Desa Cileles, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Rabu (1/09/2021).

“pohon pisang usia 10 bulan sudah siap panen. Satu tandan ada 11 sisir, per hektar rata-rata ada 2000 pohon dan yang sudah dimulai pertaniannya ini 12 hektar,” ujar Gubernur WH disela-sela kunjungannya.

Kebun pisang jenis cavendish menurutnya prosfeknya sangat bagus, selain rentang waktu yang tidak terlalu lama untuk dipanen, juga perawatannya relative mudah serta didukung banyaknya hamparan lahan yang sangat luas.

“Kalau ini mulus dan menghasilkan, dari 12 hektar ini ada sebanyak 24.000 batang berarti 24.000 tandan berarti 240.000 sisir, satu sisir 10 buah, per buah harganya berapa, tinggal hitung sendiri,” ucapnya.

Diungkapkan Gubernur yang pernah menjabat Walikota Tangerang itu mengatakan potensi pasar pisang Cavendish memang cukup produktif, apalagi pangsa pasarnya jelas dan sangat menguntungkan. Jika dikelola dengan baik bisa mendongkrak tarap perekonomian masyarakat.

“Perkebunan ini inisiatif dari masyarakat bersama kelompok tani. Kita berharap ini berhasil, kalau memang ini berhasil nanti kita kembangkan. Lahannya kita tambah luas. Tinggal bagaimana petani mengelola ini, teman-teman juga bisa memanej ini menjadi sesuatu yang sangat produktif,” tambahnya.

Diketahui bahwa lahan yang dipakai merupakan lahan perhutani yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Kampung Cisalak, Desa Cileles, Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak Provinsi Banten. (Kutif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *