Mei 27, 2022

Gubernur Banten Resmikan Pembangunan Tugu Pamulang Tangsel

1 min read

Bangunan Tugu Pamulang yang kini telah bermetamorfosis menjadi lebih megah dibanding dengan bangunan sebelumnya, kini telah diresmikan pada Sabtu (8/1/2022). Peresmian tugu yang terletak di persimpangan Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan.

Sebelumnya Gubernur menggelar sayembara dengan total hadiah Rp 20 juta itu, saat dibuka diikuti oleh 1013 pendaftar. Hingga batas akhir penutupan pengirim karya, desain yang masuk sebanyak 190 karya.
Keputusan dewan juri yang terdiri dari Ir Agung Nugraha (arsitek), Dr. Ir. H. Eden Gunawan, MM., IPM, ASEAN Eng (Ketua PII Wilayah Banten), dan Dr. Mufti Ali (budayawan dan seniman) telah menetapkan karya desain peserta nomor TGP0655 dengan Ketua Tim Dedi Kurniadi dan anggota Oma Marta Wijaya sebagai pemenang.

Ornamen pada karya desain mencerminkan budaya di wilayah tersebut. Ornamen dengan Motif Mandalika Batik Banten merepresentasikan karakter Pangeran Arya Mandalika yang arif, kuat, sekaligus lemah lembut dan rendah hati. Ornamen Motif Tumpal Batik Betawi simbolkan keselarasan kosmik dan spiritual serta diyakini sebagai penolak bala. Sedangkan bentuk perahu dan ombak untuk adaptasi dan illustrasi Pelabuhan Karangantu yang merepresentasikan kejayaan maritim Kesultanan Banten pada masal lalu. (Kutif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *