Mei 26, 2022

2 Ribuan ODGJ di Kabupaten Serang Akan Ditangani Lintas Sektoral Didukung RSJ-MM Kota Bogor

2 min read

Serang—Sebanyak 2000-an ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tepatnya 2139 ODGJ yang terdata dan tersebar di 29 Kecamatan, 226 Desa dan 31 Puskesmas di wilayah Kabupaten Serang akan ditangani maksimal.

Pernyataan kesiapan menangani 2 ribuan ODGJ lintas sektor Kabupaten Serang Banten ini nampaknya setelah adanya kesepakatan dan sinergitas dukungan dinas instansi lintas sektoral dan didukung penuh RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor.

Kesepakatan lintas sektoral ini muncul saat digelarnya kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat antara RSJMM bersama Pemkab Serang melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung Dinsos Kab.Serang, yang berlokasi di Jl.Raya Serang Petir Desa Cilaku No.1 Kec.Curug Kota Serang.

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Dinas (Kadis) Sosial Drs. Subur Priyanto, M.Si yang didampingi H.Yusan Wahyusena, S.Sos. M.Si., Kabid Rehsos Dinsos Kab.Serang Banten, dalam pertemuan kadis sosial mengucapkan terimakasih kepada RSJMM Kota Bogor yang telah mendukung penanganan 2 ribuan OdGJ diwilayah kerjanya.

“Terimakasih kepada RSJMM yang telah hadir dan akan membantu memfasilitasi perawatan dan pengobatan ODGJ atau Disabilitas Mental Kab.Serang di RSJMM, semoga dukungan ini menjadi keberkahan bagi kita semua,” ujar
dr.Istianah Harianti Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Dinkes Kab.Serang.

Dia juga mengungkapkan di wilayah terdapat 2139 ODGJ yang terdaftar di Dinkes, Kab.Serang mempunyai 1 RSUD dan 4 RS Swasta, namun semuanya belum mempunyai fasilitas rawat inap untuk ODGJ.

Kabid dr. Istianah juga mengatakan ada info tahun 2023 Provinsi Banten akan mendirikan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) dan pihaknya sangat berharap hal itu bisa segera realisasi.

“Bahkan Kab. Serang juga pernah menangani kasus pembebasan 40 ODGJ Pasung, bekerjasama dengan RS Grogol,” Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kab.Serang, Dimas Panduasa, S.Kep. M.Epid.

Pihak Disdukcapil siap mendukung perekaman dan pembuatan data kependudukan bagi .ODGJ, sehingga ODGJ bisa membuat JKN-BPJS.

Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang didampingi oleh Andriati Ginting, SKM., dan Eris Kristian, AMd., menyampaikan pemaparan terkait Profile, Layanan RSJMM dan Kerjasama Pelayanan Kesehatan Jiwa yang bisa disepakati bersama, yang dipungkas dengan pemutaran video kegiatan Instalasi PKRS RSJMM.

Acara diakhir dengan dipenyerahan cendera mata berupa kalender dan majalah Dholphin dari RSJMM ke Dinsos, Dinkes dan Disdukcapil Kab.Serang, seraya lintas sektor bersepakat untuk menanani ODGJ Pasung, ODGJ terlantar secara sinergi, dengan rencana pembentukan satgas penanganan ODGJ bersama-sama. (kutif/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *