Oktober 5, 2022

Bupati Zaki ; Siswa Berangkat Ke Sekolah Pake Sepeda Saja…

2 min read

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar

Tigaraksa—Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengimbau siswa yang ada di wilayahnya berangkat sekolah menggunakan sepeda.

Sarannya ini menindaklanjuti adanya surat edaran (SE) Dinas Pendidikan (Disdik) terkait larangan siswa membawa sepeda motor.

“Bisa macam-macam. Daripada beli motor mahal mendingan beliin sepeda, sehat,” kata Zaki, Kamis (4/8/2022).

Sementara itu, ia ini mengaku penyediaan bus sekolah bukan solusi atas larangan ini. Menurutnya, tidak semua jalan menuju sekolah dapat dilalui kendaraan bus.

“Bus sekolah? Masalah itu ada jalan yang bisa dilewati oleh bus. Tapi lebih banyak juga jalan yang tak bisa dilewati oleh bus. Jadi lebih baik sepeda aja lebih sehat,” ucapnya.

Ia mengaku SE itu ada karena banyak siswa yang belum memiliki SIM C sebagai lisensi berkendara. Atas SE ini nantinya penindakannya menjadi tanggung jawab polisi lalu lintas.

“Ya kan secara aturan belum memiliki SIM C karena yang pasti SMP usianya di bawah 17 tahun kecuali ada SMP di atas 17 tahun kejar paket. Masalah lalu lintas kita bisa hanya memberikan larangan imbauan untuk penindakan lalu lintasnya kan ada aparat penegak hukum dari polisi,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Disdik Kabupaten Tangerang menegaskan larangan bagi siswa-siswi membawa kendaraan bermotor ke lingkungan sekolah.

Selain itu, Disdik Kabupaten Tangerang melarang sekolah untuk menyediakan fasilitas lahan parkir kendaraan bagi para pelajar.

Sekolah juga berkewajiban memberikan pendidikan bagi siswanya yang tidak memiliki kelengkapan surat menyurat boleh berkendara. Dia menilai hal itu penting agar tercipta keselamatan dalam berlalu lintas.

“Jadi kalau untuk anak SMP itu belum memperoleh surat izin mengemudi, karena umurnya hanya sampai 15 tahun. Jadi rata-rata mereka belum memiliki SIM,” tutur Fahrudin.

Jika nantinya pihak sekolah ataupun dewan guru masih ditemukan membolehkan murid membawa kendaraan ke lingkungan sekolah, Disdik Kabupaten Tangerang akan memberikan teguran secara tegas. (Source: Detik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *